Bunda Sayang, Ibu Profesional, Komunikasi Produktif

Day 13, Game Kelas BunSay Level 1

Assalamualaikum

Bismillah.

Masih tentang macet dan si anak gadis. Kalo hati adem, kadang ga terlalu ambil pusing ya sama rengekan Sarah. Biasa aja. Diambil, diais, dialihin, diminta diem juga berhenti sendiri. Beda kalo lagi rungsing ibunya. Dan beda lagi kalau nangisnya karena sakit, beda konteks ya.

Nah pas di angkot panas-panasan habis jalan, saya ajak ngobrol. Sarah ngerengek pengen simba, saya kasih juga. Sudah tenang. Terus saya ajak ngobrol kalau udah muai ehe ehe. Kepanasan kali ya, bukan senggol bacok sih, senggol ehe๐Ÿ˜‚โœŒ

Yang minumannya nyuruh saya tutup, pas ditutup dia marah. Ya pokoknya dikit2 ehe. Puncaknya, saya ga tega panas2, macet2, liat Sarah pake kerudung lebar dan wajahnya penuh keringat beberapa kali dielap juga banjir lagi. Beberapa kali ibu2 yang seangkot bilang, kasian gerah. Iya sih. Saya aja kepanasan. Jadi pas dia ketiduran itu saya simpen simba sama air minumnya ke dalam tas, lalu saya buka kerudungnya setelah mukanya saya lap. Dannn, ternyata Sarah bangun dan nangis. Nah loh. Nangis2 ngerengek ya bukan sakit. Dan bingung juga. Saya kipasin mukanya. Tetep. Ajak ngobrol. Tetep juga.

“Yang, kenapa? Ada yang sakit?” tetep nangis. “Tuh liat, ada aa, jangan nangis ya malu.” tetep nangis “tuh aa sama teteh nggak nangis” “Nggak mau dibuka dudumnya?” “eeh” jawab sambil nangis. “Kan panas yang, jadi ibu bukain” masih nangis. “Mau simba lagi?” saya sambil bawa simbanya dari tas, dan lumayan rengekannya berkurang. “Mau dipake lagi kerudungnya?” dia ngangguk sambil nyomot simba. “Malu kerudungnya dibuka ya de?” “iya, alu”

Dan sampe tujuan, itubterus yang dibahas. Liat ada penumpang kecil yang masuk, dia senyum malu2. Terus saya bilang, Wah tetehnya cantik ya pake kerudung kaya dede. Diulang lagi dan lagi sambil dia makan camilannya dan saya sesekali ngusap kerungatnya.

Ternyata, apa yang kita pikir baik buat anak belum tentu sama sama pikiran anak. Saya yang merasa takut Sarah kegerahan, membuka kerudungnya ternyata membuat dia ga nyaman. Sudah tau ‘malu’ juga. Jadi malu sendiri.

2 thoughts on “Day 13, Game Kelas BunSay Level 1”

Leave a comment